Profile' Puskesmas Subah


Visi :
Menjadikan Puskesmas Perawatan Subah sebagai pusat rujukan  pelayanan kegawatdaruratan di wilayah Subah dan sekitarnya, yang bermutu, mandiri serta berorientasi pada masyarakat, dalam upaya mendukung terwujudnya Batang Sehat Tahun 2010.

Misi :
  1. Menggerakan Pembangunan Daerah berwawasan Kesehatan
  2. Mendorong kemandirian untuk hidup sehat
  3. Meningkatkan Pelayanan Kesehatan secara adil, merata dan terjangkau
  4. Berupaya memelihara dan meningkatkan kesehatan individu, keluarga, Masyarakat dan Lingkungan
  5. Meningkatkan Profesionalisme dan Kompetensi Sumber Daya manusia.
Wilayah Kerja :

Puskesmas Subah membentang antara   6°58'18.45"LS dan 109°52'36.74"BT . Berdasarka uskesmas Subah merupakan Puskesmas Rawat Inap yang berlokasi di Jalan Raya Subah No. 7b Kecamatan Subah Kabupaten Batang dan menempati tanah hak milik Pemerintah Kabupaten Batang seluas 3.335 m².
Wilayah kerja Puskesmas Subah mencakup 17 desa yaitu :        

1
Desa Menjangan
10
Desa Durenombo
2
Desa Karang Tengah
11
Desa Clapar
3
Desa Mangunharjo
12
Desa Adinuso
4
Desa Tenggulang harjo
13
Desa sengon
5
Desa kalimanggis
14
Desa Gondang
6
Desa Keborangan
15
Desa Kuripan
7
Desa Jatisari
16
Desa Kemiri Barat
8
Desa Subah
17
Desa Kemiri Timur
9
Desa Kumejing



Puskesmas Subah mencakup wilayah seluas 7871Ha dengan jumlah penduduk 52881 Jiwa.


Batas wilayah kerja puskesmas subah


Sebelah Timur
:
Kecamatan Banyuputih
Sebelah Barat
:
Kecamatan Tulis
Sebelah selatan
:
Kecamatan Pecalungan
Sebelah Utara
:
Laut jawa


Sumber Daya Manusia :
 
Dokter Umum
:
 3 Orang
Dokter Gigi
:
 1 Orang
Paramedis
:
22 Orang
Perawat Gigi
:
 2 Orang
Bidan
:
 29 Orang
Sanitarian
:
 1 Orang
Radiografer
:
 1 Orang
Petugas Laboratorium
:
 3 Orang
Petugas Gizi
:
 2 Orang
Perekam Medis
:
 2 Orang
Ass Apoteker
:
 1 Orang
Tata Usaha
:
 8 Orang
Sopir
:
 2 Orang
Juru Masak
:
 1 Orang
Cleaning Servis
:
 2 Orang


Sumber daya Material

Puskesmas Subah menempati tanah hak milik Pemerintah Kabupaten Batang seluas 3.335 m². Yang diatasnya dibangun Gedung Rawat Jalan dan kantor Puskesmas Subah serta di bagian belakang tanah didirikan Gedung Perawatan Puskesmas Subah, rumah dinas medis dan paramedis
 
1
Gedung Puskesmas Rawat Jalan
: 1 lokal
2
Gedung Puskesmas perawatan
: 1 lokal
3
Puskesmas Pembantu
: 3, pustu karangtengah, clapar, kemiri barat
4
Gedung UGD
: 1 lokal
5
Gedung Radiologi
: 1 lokal
6
Rumah Dinas
: 3 lokal
7
Mobil Pusling
: 2 buah
8
Roda dua
: 6 buah
9
Incenerator
: 1 buah
10
Tempat sampah
: Sederhana
11
IPAL ( instalasi pengolahan air limbah)
: Punya
12
Generator set
: Baik

Pelayanan :
Pelayanan Kesehatan yang dimiliki oleh Puskesmas Subah berupa Pelayanan Rawat Jalan maupun Pelayanan Rawat Inap serta Instalasi Gawat Darurat (IGD) yang siap selama 24 jam dalam sehari. Selain itu dalam menjalankan tugasnya Puskesmas Subah didukung 3 Puskesmas Pembantu yaitu : Puskesmas Pembantu Kemiri, Puskesmas Pembantu Karang Tengah dan Puskesmas Pembantu Clapar.
Pelayanan rawat jalan Puskesmas Subah meliputi kegiatan pelayanan di dalam lingkungan Puskesmas Subah maupun kegiatan diluar lingkungan Puskesmas Subah didalam wilayah kerja Puskesmas Subah.
Kegiatan tersebut meliputi kegiatan 12 seksi ditambah bagian pendaftaran pasien / rekam medis serta bagian pelayanan obat. Keduabelas seksi tersebut adalah
1.      Bagian Pendaftaran Pasien Dan Rekam Medis
2.      Bagian Kamar Obat
3.      Kesehatan Ibu Hamil Dan Anak Balita
4.      Keluarga Berencana
5.      Imunisasi
6.      Gizi
7.      Kesehatan Lingkungan
8.      Pencegahan Dan Pemberantasan Penyakit
9.      Promosi Kesehatan
10.  Balai Pengobatan Umum Dan Kesehatan Jiwa
11.  Usaha Kesehatan Sekolah
12.  Perawatan Kesehatan Masyarakat
13.  Balai Pengobatan Gigi Dan Mulut
14.  Laboratorium

Puskesmas Subah mempunyai beberapa Pelayanan Unggulan yaitu :
  • Pelayanan MOW bekerjasama dengan BKKBN Kabupaten Batang
  • Pelayanan UGD 24 Jam dengan “One Day Care 
  • Pelayanan Operasi katarak bekerjasama dengan BKIM Semarang
  • Pelayanan Gigi dan Mulut yang lengkap. 
  • Sarana penunjang diagnostik EKG, Laborat dan Radiologi
Susunan Organisasi:

1.      Kepala Puskesmas
2.      Pelaksana Umum Tata Usaha
3.      Pelaksana Unit Pencegahan Pemberantasan Penyakit
4.      Pelaksana Unit Kesehatan Keluarga
5.      Pelaksana Unit Pemulihan Kesehatan
6.      Pelaksana Unit Kesehatan Lingkungan dan Peran Serta Masyarakat
7.      Pelaksana Unit Rawat Inap
8.      Puskesmas Pembant
9.      Bidan Desa