15 Jul 2011

persiapan Akreditasi Puskesmas

Definisi Puskesmas 

Akreditasi puskesmas adalah  suatu pengakuan yang diberikan oleh pemerintah pada puskesmas yang telah memenuhi standar-standar pelayanan yang ditentukan. Pada dasarnya, Akreditasi adalah proses menilai instansi sejauh mana telah menerapkan standar pelayanan.

Akreditasi adalah penilaian oleh diri sendiri (self assesment) maupun mitra (peer review) yang digunakan oleh organisasi pelayanan kesehatan untuk melakukan penilaian secara akurat tingkat kinerja berkaitan dengan standar yang ditegakkan serta mengimplementasikan cara-cara dalam rangka perbaikan pelayanan kesehatan yang berkesinambungan.

Mengapa  Perlu Akreditasi Puskesmas???

  Masyarakat berhak mendapatkan pelayanan yang bermutu dan perlindungan yang baik. Wajib bagi Puskesmas dalam memberikan pelayanan memenuhi standar pelayanan rumah sakit sehingga mutu pelayanan dapat dipertanggungjawabkan dan tenaga kesehatan di Puskesmas dalam melakukan tugasnya berkewajiban mematuhi standar profesi dan memperhatikan hak pasien.

Tujuan dari Akreditasi Puskesmas adalah meningkatkan mutu pelayanan di puskesmas dengan mengintegrasikan dan membudayakan kualitas dalam sistem pelayanan puskesmas.   

BAGAIMANA AGAR RUMAH SAKIT BERHASIL DALAM AKREDITASI ?
 
  Dalam hal ini, perlu adanya komitmen dari kepala puskesmas,dan seluruh karyawan puskesmas antara lain tersedianya anggaran dan membudayakan rencanakan, laksanakan, cek dan tindak lanjut. Selanjutnya penuhi standar pelayanan sesuai dengan yang tercantum pada instrumen akreditasi (Tulis yang anda kerjakan dan kerjakan yang anda tulis... dan buktikan!)   

1 komentar:

kancil84 mengatakan...

semoga berjalan dengan sempurna amien